Selasa, 15 November 2011

Cara Membangun Usaha Kecil

Membangun usaha baik bersekala kecil maupun besar penuh dengan tantangan yang menghadang. Apalagi persaingan yang makin hari makin ketat diantara para pelaku bisnis. Untuk membuat usaha kecil kita tetap eksis maka peru anda mengetahui bagaimana cara membangun usaha kecil dengan baik dan efektif.


Target pasar yang spesifik
Pelanggan yang akan kita bidik jangan terlalu luas karena menyebabkan usaha anda terlalu melebar tanpa tujuan yang spesifik. Fokuskan kepada satu target pasar dan masuklah dengan kegigihan dan kesabaran yang akan membuahkan hasil kesuksesan. Untuk referensi silahkan simak strategi meningkatkan penjualan produk.

Pelanggan yang utama
Puaskanlah pelanggan maka bisnis yang sukses telah ada di depan mata. Jangan acuhkan keluhan pelanggan karena itu menyebabkan pelanggan lari dari anda. Apalagi membangun usaha kecil yang baru merintis jalan jangan sampai usaha anda hancur dengan menyebarnya kekecewaan pelanggan. Sehingga menurunkan reputasi anda di hadapan konsumen. Anda dapat membaca artikel cara menangani keluhan pelanggan.

Selalu membuat efesiensi
Usaha kecil banyak terbentur kendala modal usaha, oleh karena itu berhematlah. Alokasikan modal kepada barang atau sesuatu yang dapat memajukan usaha kecil. Jangan terburu-buru berekspansi tanpa melihat efek buruknya. Terus lakukan efesiensi di setiap segi yang mengakibatkan terjadinya pemborosan. Coba baca artikel tentang cara menghindari kegagalan bisnis.

Buat beda dengan pesaing anda
Tampil beda akan berpengaruh terhadap kesan pelanggan. Anda harus menampilkan sesuatu yang lain dan itu merupakan branded yang akan melejitkan usaha kecil menjadi usaha berkelas nasional. Jangan hanya menjadi pengikut pesaing tapi beranilah tampil beda dengan inovasi yang memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Misalnya dengan merubah warna cat toko anda menjadi biru langit, karyawan toko memakai kaos seragam, memberikan air minum gratis dan sebagainya. Lihat artikel langkah cerdas mencari ide bisnis untuk lebih memantapkan usaha kecil anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar