Sabtu, 05 November 2011

Perbedaan Statistik dan Statistika

Statistik dan statistika merupakan ilmu yang dipelajari di sekolah dan perkuliahan untuk membandingkan atau menyelesaikan suatu masalah. Tapi sebagian orang masih bingung tentang apa perbedaan statistik dan statistika yang menyebabkan kesalahan dalam penafsiran.


Pengertian dari statistik merupakan kumpulan data yang berupa angka atau bilangan, atau sebagai deretan angka atau bilangan yang menunjukkan keterangan mengenai suatu cabang kegiatan tertentu, misalnya statistik kunjungan wisatawan ke Indonesia, statistik hotel, statistik restoran, dan lain-lain.

Sedangkan statistika dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari metode-metode yang perlu dipergunakan dalam pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, penganalisisan data, penarikan kesimpulan atau konklusi, pembuatan perkiraan atau estimasi, dan peramalan atau prediksi secara ilmiah.

Dengan kata lain perbedaan antara statistik dan statistika adalah kalau statistika adalah ilmunya sedangkan statistik adalah ukurannya. Statistika merupakan metode ilmiah yang berkaitan dengan data, sedangkan statistik adalah kumpulan angka-angka mengenai suatu masalah, dan dapat memberikan gambaran mengenai masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar