Selasa, 06 Desember 2011

Investasikan Uang Anda di Kebun Jati

Tectona Grandis atau yang lebih dikenal dengan Jati merupakan tanaman keras yang banyak dibudidayakan oleh Perhutani khususnya dipulau jawa. Karena keunggulannya dari segi kwalitas kayu dan nilai jual yang tinggi,maka jati digolongkan sebagai kayu mewah serta memiliki kelas awet yang tinggi, anti rayap dan jamur serta mampu bertahan sampai 7 generasi atau sekitar 500 tahun. Oleh karena itu masyarakat umum mulai banyak yang melirik untuk membudidayakan dan berinvestasi di kebun jati. Perhutani mengembangkan bibit jati unggul yang berasal dari kebun benih KBK ( Kebun Bibit Klonal ) di Cepu. Bibit Jati KBK ini merupakan bibit dari jati yang diambil dari hutan perhutani blora hasil seleksi dengan umur indukan berumur 65 tahun.


Investasi di kebun Jati oleh masyarakat selama ini dipahami merupakan hal yang memerlukan waktu pemeliharaan belasan hingga puluhan tahun dengan jarak tanam lebar. Sehingga bila ditanam sekarang yang menikmati adalah anak cucu kita. Pandangan ini tidak sepenuhnya benar !!
Karena saya pun telah membuktikan nya yang sebelumnya memiliki pandangan seperti itu.

INVESTASI KEBUN JATI ....INVESTASI KEBUN JATI ....INVESTASI KEBUN JATI
HUB : HERIAWAN di 085310386443

Hasil penelitian sebuah lembaga yang kami ikuti, Jati Blora jenis KBK yang kami tanam dapat di panen pada umur 6-7 tahun dengan diameter 30-35 cm. Jati tersebut kami tanam dengan jarak tanam 1x2m (jarak 1m ke arah timur barat sedangkan 2m kearah utara selatan sehingga setiap hektar lahan kebun dapat ditanam minimal 4000 pohon.

Syarat umum bagi pohon jati untuk tumbuh dan teknik budidaya :

Sangat cocok untuk iklim tropis seperti indonesia, antara lain seluruh pulau jawa, sebagian pulau sumatra, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, NTB dan maluku dengan syarat umum sbb:

1. Curah hujan 1500-2500mm/tahun.
2. Bulan kering 2-4 bulan.
3. Tinggi lokasi penanaman 10-1000m dari permukaan laut.
4. Intensitas cahaya 75-100%.
5. Ph tanah 4-8.
6. Jenis tanah lempung berpasir, hindari tanah becek/rawa dan cadas.

Teknik budidaya pohon jati dimulai dari persiapan lahan, Pembukaan lahan kebun dengan membersihkan dari semak-semak, alang-alang dll, kemudian membuat lubang tanam 40x40x40 cm dan dibiarkan selama kurang lebih 2 minggu. Lakukan pemupukan pada lubang tanam dengan memberikan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5kg per lubang. Pemberian kapur atau dolomit apabila tanah masam sebanyak 50-100g/lubang tanam.

Penanaman: Masukan tanah campuran/kompos ke lubang setinggi 1/3 kedalam lubang sambil disiram, masukan bibit jati KBK yang telah disobek polibag nya ke dalam lubang lalu timbun lubang hingga penuh, siram tanaman sambil memadatkan lubang tanam.

Pemeliharaan: Pembersihan rumput/gulma disekitar tanaman penting untuk dilakukan, jaga jangan sampai ada genangan air disekitar pohon, purning atau pemangkasan cabang-cabang harus rutin dilakukan sampai minimal ketinggian 6m,potong cabang 1-2cm dari pangkal. semprot insektisida bila perlu untuk membunuh hama dan penyakit.

Pemupukan: Taburkan pupuk urea atau npk sekitar tanamam sesuai petunjuk. perhatikan cara pemupukan dan periode pemupukan karena tahun pertama pohon jati tumbuh adalah masa kritis yang menentukan untuk tumbuh selanjutnya !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar