Jumat, 16 Desember 2011

Kiat Sukses Menjadi Pengusaha

Untuk menjadi pengusaha memang perlu adanya kesungguhan dan tekad yang kuat sehingga cita-cita tersebut dapat tercapai. Kiat sukses menjadi pengusaha berikut ini, kiranya dapat membantu anda untuk menempuh perjalanan menjadi sukses.


Berani bermimpi besar
Mimpi seseorang akan berpengaruh terhadap usaha dan kesungguhan untuk menggapai mimpi tersebut. Orang yang hanya bermimpi punya warung di pinggir jalan sangat jauh berbeda dengan orang yang bermimpi mempunyai supermarket di tengah kota. Kuatkanlah mimpi anda dan terus bayangkan ketika mimpi itu tercapai suatu saat nanti. Hal ini akan memberikan efek luarbiasa terhadap perjalanan usaha sukses anda.

Pintar melihat peluang
Peluang selalu ada dalam setiap kesempatan, tetapi masalahnya adalah keahlian untuk melihat peluang usaha tersebut yang masih terbatas. Anda harus belajar memperhatikan sekitar anda dan lihatlah peluang apa yang dapat dikerjakan. Insting ini harus anda latih terus menerus sehingga anda bisa memanfaatkan setiap kondisi untuk meraih keuntungan bisnis anda.

Kerjakan dengan profesional
Pengusaha yang tidak melakukan usahanya dengan profesional lambat laun akan membawa dia kedalam kebangkrutan. Hal ini disebabkan banyaknya pelanggan yang kecewa terhadap hasil kerja anda. Kerjakanlah setiap detail pekerjaan dengan profesional baik dalam hal ketepan waktu, kualitas barang, kualitas pelayanan, kemudahan menangani keluhan pelangan dan sebagainya.

Tidak mudah menyerah
Halangan dan masalah usaha akan selalu merintangi jalan kesuksesan anda. Tidak ada cerita pengusaha sukses yang mulus tanpa hambatan, pasti saja ada kendala dalam setiap usaha. Maka siapkan mental kuat untuk tidak mudah menyerah sampai anda bertemu dengan kesuksesan yang anda impikan.

Jalin hubungan kerjasama
Dalam bisnis diperlukan relasi dan kerjasama dengan berbagai pihak yang memudahkan kita dalam pelaksanaan operasional usaha. Kerjasama dengan pemasok, distributor, agen perlu terjalin dengan baik. Bahkan untuk memajukan bisnis, anda dapat melakukan kerjasama dengan pesaing anda. Misalnya saja dalam hal pabrik produksi, jika anda kelebihan pesanan dapat di outsourching ke pabrik pesaing.

Ukur kinerja usaha anda
Anda akan mengetahui perkembangan ataupun penurunan usaha ketika mengukur kinerja bisnis anda. Berapa peningkatan dalam penjualan, berapa penurunan produk cacat, berapa banyak pelanggan yang kecewa dan berapa banyak target yang telah anda capai. Semua harus tercatat dalam suatu ukuran yang jelas sehingga anda dapat menentukan langkah kedepannya.

Terus lakukan perbaikan
Tiada kata sempurna, karena setiap saat pasti harus ada yang diperbaiki. Lakukanlah perbaikan setiap saat baik untuk sikap bisnis anda maupun sistem usaha yang sedang anda jalankan. Dengan melakukan perbaikan berkelanjutan maka anda akan dapat menghasilkan prestasi binis yang gemilang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar