Minggu, 18 Desember 2011

Pelatihan membuat baki lamaran

Kaliori-69 orang perwakilan peserta Simpan Pinjam khusus kelompok Perempuan (SPP) dari 23 desa di wilayah kecamatan Kaliori, baru-baru ini, mengikuti pelatihan membuat baki lamaran. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) dengan tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan dan Keluarga (PKK) kecamatan Kaliori, digelar di gedung haji kecamatan setempat.


Ketua BKAD kecamatan Kaliori-Sutarwi mengatakan, digelarnya pelatihan membuat baki lamaran untuk memberikan bekal kepada kelompok-kelompok peminjam SPP yang telah dibina oleh PNPM-MPd kecamatan Kaliori.


Dipilihnya pelatihan membuat baki lamaran karena semua orang di setiap desa pasti membutuhkan saat ada pesta pernikahan, pasalnya selama ini harga beli dipasaran masih mahal, Sehingga pihaknya mencari solusi untuk memberikan keterampilan membuat baki lamaran yang sederhana dan mudah dipelajari.

Sutarwi berharap dengan adanya pemberian keterampilan membuat baki ini nantinya dapat memberikan keterampilan tambahan bagi peserta. Pasalnya kelompok peminjam SPP dari PNPM-MPd telah mempunyai usaha rumah tangga sendiri, misalnya pembuatan kerupuk maupun pembuatan tahu/tempe.


Sebelumnya BKAD bersama tim penggerak PKK telah memberikan keterampilan diversifikasi pangan dengan membuat egg roll (telur gulung) dan donutella dengan bahan dasar ketela pohong dan ketela rambat. Sedangkan pada akhir bulan Desember 2011 ini, BKAD dan tim penggerak PKK kecamatan, akan menggelar lomba kelompok SPP terbaik tingkat kecamatan.(Masudi )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar