Selasa, 06 Desember 2011

Perbedaan Pantun dan Syair

Pantun dengan syair memiliki persamaan dan perbedaan diantara keduanya. Mengenai perbedaan pantun dan syair berikut jenis-jenisnya kita akan bahas dalam artikel kali ini secara singkat.


Pengertian pantun yaitu suatu bentuk puisi lama yang terdiri atas empat baris yang bersajak bersilih dua-dua yaitu berpola ab-ab dan tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a, dan tiap baris biasanya terdiri dari empat perkataan. Dua baris pertama disebut sampiran, sedangkan dua baris kata berikutnya disebut isi pantun.

Pantun pada mulanya merupakan sastra lisan namun sekarang dijumpai juga pantun yang tertulis. Jenis jenis pantun yaitu pantun agama, adat, budi, jenaka, kepahlawanan, kias, nasehat, percintaan, peribahasa, perpisahan dan teka-teki.

Sedangkan pengertian syair yaitu suatu puisi lama atau karangan dalam bentuk terikat yang mementingkan irama sajak. Biasanya terdiri dari empat baris, berirama aaaa, keempat baris tersebut terdapat kandungan arti atau maksud penyair. Jenis jenis syair diantaranya bidasari, kerajaan bima, ken tabuhan dan yatim nestapa.

Perbedaan pantun dan syair adalah pantun baris pertama dan kedua disebut sampiran dan baris ketiga dan keempat disebut isi, sedangkan syair keempat baris adalah arti/maksud si pengarang. Pantun bahasanya boleh campur-campur, sedangkan syair bahasanya harus sama. Pantun terdiri sampiran dan isi, sedangkan syair tidak terdapat sampiran dan isi. Pantun berirama a-b-a-b/ a-a-a-a, sedangkan syair berirama a-a-a-a.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar