Minggu, 01 Januari 2012

Perbedaan Arteri dan Vena

Perbedaan arteri dan vena dapat dijelaskan secara ringkas dalam artikel kali ini. Kedua jenis pembuluh darah arteri dengan vena memiliki beberapa perbedaan pada tempat, asal aliran darah, jenis katup, denyut dan lain-lain.


Pembuluh darah arteri merupakan tempat mengalir darah yang dipompa dari bilik, pembuluh yang elastis, tekanan pembuluh lebih kuat dari pada pembuluh balik, memiliki sebuah katup yang berada tepat di luar jantung, letak arteri agak tersembunyi dari lapisan kulit, denyut terasa dan aliran darah berasal dari jantung.

Dinding arteri terdiri atas 3 lapis yaitu bagian dalam yang terdiri atas Endothelium, bagian tengah terdiri atas otot polos dengan serat elastis, dan lapisan terluar yang terdiri atas jaringan ikat Serat elastis. Arah aliran arteri keluar dari jantung, warna darah lebih merah terang dibandingkan vena.

Sedangkan pembuluh balik Vena terletak di dekat permukaan kulit, dinding pembuluh tidak elastis, tekanan pembuluh lebih lemah di bandingkan pembuluh nadi, terdapat katup yang menjaga agar darah tak berbalik arah, denyut tidak terasa, arah aliran darah menuju jantung dan lebih mudah membeku.

Vena terdiri dari vena cava superior yang bertugas membawa darah dari bagian atas tubuh menuju serambi kanan jantung, vena cava inferior yang bertugas membawa darah dari bagian bawah tubuh ke serambi kanan jantung, vena cava pulmonalis yang bertugas membawa darah dari paru-paru ke serambi kiri jantung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar