Kamis, 12 Januari 2012

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Pertanyaan mengenai pengertian biografi dengan autobiografi masih sering muncul akibat ketidakfahaman mengenai keduanya. Perbedaan biografi dan autobiografi akan kami tulis disini untuk memudahkan anda memahami antara definisi dan letak perbedaannya. Moga bermanfaat untuk menambah khazanah ilmu yang kita miliki.


Sebenarnya asal kata biografi yaitu dari bios yang berarti hidup dan dab graphien yang berarti tulis, kata tersebut berasal dari kata Yunani. Jadi biografi adalah suatu tulisan tentang kehidupan seseorang, atau sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Sebuah biografi singkat hanya memaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya dalam suatu masalah atau peristiwa.

Dengan adanya biografi, maka akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal. Banyak biografi ditulis secara kronologis, tapi ada juga yang ditulis berdasarkan kelompok tema-tema tertentu.

Sedangkan pengertian autobiografi adalah biografi yang ditulis oleh seorang tokoh tentang perjalanan kehidupanan pribadi yang dialaminya. Umumnya ditulis dimulai dari masa kecil sampai waktu yang ditentukan oleh penulis itu sendiri.

Penulis aubiografi umumnya mengandalkan pada berbagai dokumen dan didasarkan pada memori sang penulis. Di negara maju, riwayat hidup yang dibukukan dianggap sebagai suatu karya sastra yang menarik untuk dikaji lebih dalam. Menurut Sallie Mcfaqua, autobiografi dan tulisan semacamnya perlu diperhatikan dan dinikmati karena di dalamnya terdapat sebuah kisah kehidupan yang nyata.

Jadi perbedaan antara biografi dengan autobiografi terletak pada siapa penulisnya. Jika penulisnya orang lain maka disebut biografi, sedangkan jika penulisnya diri tokoh tersebut maka disebut autobiografi. Moga penjelasan singkat ini memberikan sedikit pencerahan tentang pengertian dan perbedaan keduanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar